Menyiasati Ngidam Saat Hamil yang Aman

Menyiasati Ngidam Saat Hamil yang Aman

Menyiasati Ngidam Saat Hamil yang Aman

www.cahayaimanaqiqah.com Umumnya, Jika ibu hamil bisa mengatasinya dengan baik, mengidam tidak berbahaya. Untuk makanan yang tinggi kalori tetapi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, mengidam bisa menjadi masalah.

Makanan ini dapat menyebabkan ibu hamil bertambah gemuk dan kelebihan berat badan. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan selama kehamilan.

Tips Menyiasati Ngidam Saat Hamil yang Aman

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bumil lakukan agar ngidam tidak menimbulkan gangguan kesehatan:

1. Biasakan untuk sarapan

Wanita hamil berisiko lebih tinggi makan makanan yang tidak teratur dan tidak sehat karena perubahan fisik yang cepat. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi emosi dan kepercayaan diri ibu hamil. Nah, sarapan pagi setiap hari bisa mengurangi kemungkinan ngidam yang berlebihan.

2. Berolahraga secara rutin

Selain dengan mengatur pola makan, sebisa mungkin Bumil juga berolahraga secara rutin. Hal ini dapat memberikan dampak baik bagi suasana hati dan emosi Bumil. Nah, emosi yang stabil akan menurunkan keinginan untuk menyantap makanan enak secara impulsif.

3. Batasi makanan dan minuman manis

Saat hamil, sebisa mungkin batasi juga konsumsi makanan dan minuman yang manis, terutama jika Bumil berisiko mengalami diabetes gestasional.

Bumil bisa mengalihkan hasrat ngidam makanan yang tidak sehat, menjadi makanan yang lebih sehat. Misalnya, ketika ngidam es krim stroberi tinggi lemak, Bumil dapat memikirkan alternatif lebih sehat yang menyerupai makanan tersebut, seperti yoghurt stroberi atau buah stroberi segar.

4. Hindari jenis makanan yang berbahaya

Meski sangat jarang terjadi, dalam kondisi tertentu, Bumil dapat ngidam makanan yang membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin. Gangguan makan seperti ini disebut pica atau pemakan segala.

Pengidap pica bisa ngidam berbagai macam benda yang tak lazim untuk dikonsumsi, seperti krayon, deterjen, tanah, atau bongkah es dari lemari pendingin.

Hal ini tentu saja dapat membahayakan janin dan harus dihindari. Dampak yang bisa terjadi akibat pica antara lain gangguan perkembangan kemampuan motorik anak, skor IQ rendah, dan gangguan pendengaran.

5. Perhatikan berat badan

Ngidam saat hamil bukanlah sesuatu yang dilarang, tapi harus dibatasi. Untuk memastikan bahwa ngidam yang Bumil alami masih dalam batas aman, perhatikanlah pertambahan berat badan Bumil.

Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, misalnya preeklamsia.

Jika berat badan Bumil sebelum hamil sudah ideal, penambahan berat badan yang disarankan saat hamil adalah 11–15 kg. Namun, jika Bumil sudah kelebihan berat badan sebelum hamil, usahakan agar pertambahan berat badan tidak lebih dari 11 kg.

Dengan mengelola nafsu makan selama kehamilan, ibu hamil bisa makan makanan lezat yang diinginkan tanpa risiko masalah kesehatan. Namun, jika mengidam selama kehamilan mengganggu atau menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan, disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts