Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Menyambut bulan suci ramadhan dengan ucap Alhamdulillah, atas rasa syukur kita karena  atas nikmat yang banyak dan tidak pernah berhenti kita dapatkan. salah satunya nikmat kita diberikan panjang umur sehingga kita akan sampai pada bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampuanan yakni bulan suci Ramadhan. Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya kita merasakan kegembiraan dengan akan datangnya bulan Ramadhan, ramadhan datang membawa keberkahan bagi setiap umatnya. Di tengah daruratnya pandemi di negeri ini, kita harus tetap menyambutnya dengan kegembiraan dan lapang dada, Kita Menyambut bulan suci ramadhan dengan suka cita. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dirindukan kedatangannya dan disayangkan kepergiannya.

Tanpa menurunkan kewaspadaan kita, mari sambut Ramadhan tanpa kepanikan, dan meningkatkan kesabaran. Panik hanya akan melemahkan imunitas tubuhmu. Sedangkan sabar, harus lebih kita tingkatkan dalam melaksanakan ketaatan, menahan kemaksiatan, serta dalam menghadapi musibah/wabah sekarang ini. Rasulullah SAW bersabda, “Inilah (Ramadhan) bulan kesabaran dan ganjaran bagi kesabaran yang sejati adalah surga.” (HR Ibnu Khuzaimah).

Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan, sehingga sudah seharusnya kita berjuang untuk mendapatkan keutamaan itu. Semoga dengan persiapan bekal yang matang, kita bisa memaksimalkan diri kita untuk memperoleh keutamaan-keutamaan bulan suci ramadhan.

Berikut amalan amalan yang dipersiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan :

1. Memperbaiki hubungan dengan keluarga dan saudara

Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang ramadhan saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

2. Memperbanyak istighfar dan bertaubat

Setiap insan tentulah pernah bersalah dalam kehidupannya. Iman yang selalu naik dan turun, perjalanan hidup yang banyak godaan pasti akan membuat kita pernah terpeleset sehingga terkotori oleh dosa, dan kotoran itu perlu dibersihkan. Maka istighfar dan taubat adalah pembersihnya.

3. Mempelajari fiqih selama bulan suci ramadhan

Karena Allah perintahkan manusia untuk berbekal selama perjalanan hidupnya,

…..وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَاأُوْلِي اْلأَلْبَا

“Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa, dan bertaqwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal”. (Q.S. Al-Baqarah : 197)

Untuk bisa menggapai taqwa selama ramadhan , kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama bulan mulia itu. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengikuti aturan syariat itu adalah dengan mempelajari aturan terebut dan berusaha mengamalkannya.

4. Melatih diri dengan puasa Sunnah

Untuk menghadapi Ramadhan kita membutuhkan energi yang cukup baik. Salahsatu cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya via WA

CALL