Dahulukan Qurban atau Aqiqah? | Cahaya Iman Aqiqah

Dahulukan Qurban atau Aqiqah?

Dahulukan Qurban atau Aqiqah?, itu pertanyaan dikalangan masyarakat yang sering didengar. Qurban dan aqiqah merupakan serangkaian ibadah menyembelih atau memotong hewan yang dilakukan untuk mengikuti tuntunan agama Islam guna meraih ridho Allah SWT.

Kedua ibadah tersebut memiliki ketentuan atau syarat yang sama berkaitan dengan hewan yang akan di sembelih. jadi, dahulukan qurban atau aqiqah? akan kita bahas, namun sebelumnya kita pahami dulu tentang qurban dan aqiqah.

Apa itu Qurban

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Qurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Allah SWT telah mensyariatkan qurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).  “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.” (Al-Hajj: 36).

Apa itu AQIQAH

Bila merujuk pada bahasa arab, aqiqah memiliki arti yaitu memutus dan melubangi. Dalam pengertian secara umum, aqiqah adalah aktivitas ibadah menyembelih hewan berupa kambing sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya seorang anak. Hukum atas ibadah ini berbeda berdasarkan pendapat ulama. Ada yang mengatakan bahwa ibadah aqiqah hukumnya wajib, ada yang mengatakan sunnah mu’akad dan adapula yang mengatakan sunnah. Dari semua pendapat yang ada, yang paling shahih adalah pendapat yang mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah mu’akad. Artinya ini adalah ibadah yang memang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Mana yang Harus Didahulukan, Qurban atau Akikah?

Bagaimana jika seseorang mau berkurban, tapi belum berakikah? Mana yang harus didahulukan antara kurban atau akikah? Apabila masa sudah memasuki bulan Zulhijjah, serta menjelang hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyrik maka diutamakan untuk mendahulukan kurban daripada akikah. Akan tetapi, jika ingin diniatkan untuk pahala kedua-duanya maka bisa mengikuti pendapat Imam Ramli (al-‘Allamah Ar-Ramli), seperti pernah dituliskan oleh Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab al-Tausyih.

Berdasarkan pendapat dari salah satu ulama besar di Mazhab Syafii itu, jika seseorang berniat menyembelih kambing untuk kurban sekaligus aqiqah, kedua-duanya dapat terealisasi. Menurut Imam Ramli, pahala yang akan didapat bisa berlipat jika diniatkan keduanya. Akan tetapi, pendapat berbeda disampaikan Ibnu Hajar Al-Haitami. Hal ini dirujuk dari kitab Itsmidil Ain yang diterbitkan Darul Fikr.”[Perkara] jika ada orang berniat melakukan akikah dan kurban [secara bersamaan], tidak [akan] berbuah pahala kecuali hanya salah satunya saja menurut Imam Ibnu Hajar [Al-Haitami], dan [bisa] berbuah pahala kedua-duanya menurut Imam Ramli,” (Hlm. 127).

Dahulukan Qurban atau Aqiqah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya via WA

CALL