Anjuran Penting bagi Orangtua

Anjuran Penting bagi Orangtua Baru

Anjuran Penting bagi Orangtua

Cahayaimanaqiqah.com-. Merawat bayi baru lahir memang bukan hal yang mudah dan cukup melelahkan. Banyak orang tua, khususnya yang baru pertama kali memiliki bayi, merasa kewalahan dan stres, bahkan hingga jatuh sakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan dan mengelola stres yang mungkin Anda rasakan saat mengurus bayi baru lahir.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tidak stres dan tetap fit selama merawat bayi baru lahir:

Menjaga kondisi Fisik

Meski Anda kurang tidur karena merawat Si Kecil, hindarilah mengonsumsi kafein. Tetaplah mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup. Pastikan juga untuk selalu menghirup udara segar. Agar tidak mengantuk, usahakan untuk ikut tidur saat Si Kecil tidur. Bila merasa sangat lelah atau mengantuk, mintalah pasangan atau anggota keluarga lainnya untuk menjaga Si Kecil sebentar selagi Anda tidur atau beristirahat.

Jangan takut

Melihat mungil dan rentannya Si Kecil yang baru lahir mungkin membuat Anda merasa khawatir tidak bisa merawatnya dengan baik. Namun, kecemasan ini dapat berkurang jika Anda membicarakannya dengan pasangan dan meminta dukungannya.

Selain itu, tertawa ceria bersama Si Kecil dan pasangan juga bisa menguraikan ketakutan yang Anda rasakan. Tak hanya menangis, bayi juga bisa berkomunikasi melalui bahasa tubuhnya, seperti ekspresi wajah atau gerakan tangannya.

Jangan khawatir dan merasa tidak percaya diri karena masih kikuk saat memandikan, mengganti popok, dan menyusui Si Kecil, atau bila tidak bisa menenangkannya ketika menangis. Lama-kelamaan Anda akan makin terbiasa dan bisa melakukannya dengan lancar. Ingat, tidak ada ibu yang langsung mahir mengurus bayi, kok. Melakukan beberapa kesalahan kecil saat merawat anak itu wajar, apalagi Anda adalah orang tua baru.

Tunda dahulu pekerjaan lain

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang biasa Anda lakukan sebelum Si Kecil lahir. Membersihkan rumah dan mencuci pakaian bisa ditunda dahulu, agar tidak terlalu lelah saat merawat bayi baru lahir.
Anda juga bisa menghemat energi dengan mengurangi kegiatan yang biasanya membutuhkan waktu lama, seperti memasak. Jika sebelum ada si Kecil Anda terbiasa menyiapkan makan malam yang sempurna, kini cukup sajikan makanan yang mudah diolah. Namun, bukan berarti Anda boleh mengesampingkan kandungan gizi di dalamnya, ya.

Jangan mengurung diri

Saat merawat bayi baru lahir, jangan ragu untuk keluar rumah. Bayi yang rewel saat di rumah mungkin akan ceria saat diajak keluar rumah untuk sekadar berjalan-jalan menghirup udara segar.

Memiliki bayi juga bukan berarti membatasi hubungan dengan teman-teman dan keluarga Anda. Sesekali, biarkan mereka ikut membantu mengasuh Si Kecil. Bantuan ini bisa menghemat tenaga Anda, sekaligus mempererat hubungan Anda dengan mereka.

Jika ada teman atau keluarga yang mengutarakan hal yang kurang menyenangkan, cobalah untuk tidak terlalu memikirkannya dan anggap saja bahwa mereka hanya mencoba untuk memberikan dukungan.

Tahu kapan meminta bantuan

Ingat, masa kecil buah hati Anda tidak akan terulang dua kali. Oleh karena itu, nikmatilah masa-masa ‘merepotkan’ ini. Meski begitu, Anda harus tetap mengetahui batasan diri sendiri.

Jika memang tekanan yang Anda rasakan sudah sangat berat, mintalah bantuan kepada pasangan atau anggota keluarga yang lain. Anda juga bisa bertanya kepada orang tua atau dokter untuk mendapatkan tips merawat bayi baru lahir.

Yang tidak kalah penting untuk diingat, saat menjadi orang tua baru, Anda mungkin akan mendengar banyak sekali komentar dari luar sana. Bahkan, tidak sedikit komentar yang menjadi mother disgracing atau father disgracing. Nah, hal-hal ini jangan terlalu dipusingkan dan diambil hati, ya. Yang terpenting adalah Anda yakin sudah melakukan yang terbaik untuk buah hati Anda.

Momen lahirnya sang buah hati merupakan sebuah anugerah dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Melaksanakan aqiqah merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang telah diberikan-Nya. Bila Ayah / Bunda berniat untuk menunaikan ibadah aqiqah, Cahaya Iman Aqiqah siap membantu dalam proses penyiapan sajian acara aqiqah anak Ayah / Bunda. Insyaallah kami akan bantu mensukseskan acara aqiqahan anak Ayah / Bunda.

Anjuran Penting bagi Orangtua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *